Senin, 09 Agustus 2010

10 Tanaman Aneh di dunia

Welwitschia Mirabilis
            Sepintas tanaman ini seperti sampah atau bekas tanaman yang sudah mati. Tapi siapa sangka tanaman bertentakel mirip alien ini merupakan tanaman daya tahan luar biasa yang hidup di cuaca ekstrim gurun pasir.
            Berasal dari Namibia tanaman ini memiliki dua daun dan sebuah batang dengan akarnya. Tanaman ini akan tumbuh hingga bisa mencapai lebar 8 meter dengan tinggi 2 meter. Umurnya bisa mencapai 400-1500 tahun dan tidak akan mati meskipun tidak ada hujan selama 5 tahun. Penduduk setempat menamainya Onyanga (bawang gurun) karena rasanya yang menyengat baik mentah maupun sudah di masak.


Dionaea Muscipula
            Dionaea Muscipula atau Venus si Perangkap Lalat ini merupakan tanaman karnivora yang paling dikenal karena perangkap alami uniknya yang aktif dan efisien. Dua daun yang menempel pada tanaman ini dipenuhi oleh bulu-bulu ultra sensitif yang mendeteksi keberadaan apa saja dari semut, lalat atau jenis serangga lainnya. Begitu ada yang menyentuh bulunya, perangkapnya akan bekerja dalam waktu kurang dari satu detik.


Rafflesia Arnoldi
            Bunganya berdiameter hingga 1 meter dengan berat mencapai 7-11 kg membuat tanaman ini memiliki bunga tanaman berbunga terbesar di Dunia. Di temukan hanya di Indonesia (Sumatera, Kalimantan, Jawa) dan Malaysia (sabah, serawak) bunganya akan mekar hanya dalam waktu 3 hari hingga seminggu saja. Saat mekar bunga ini akan mengeluarkan bau busuk yang sangat menyengat hingga di Indonesia bunga ini dinamakan bunga bangkai.

Desmodium Gyrans
Orang biasa mengenal dengan sebutan rumput Menari atau Tanaman Telegraf atau Tanaman Semaphore, karena gerakan daunnya yang seperti menari atau seperti gerakan kode semaphore. Tanaman ini termasuk yang mudah tumbuh dan akan “menari-nari” pada saat banyak sinar matahari atau dalam keadaan kering.

 Euphorba Obesa
Euphorba Obese, dijuluki juga tanaman baseball, biasa tumbuh di Great Karoo, Afrika selatan. Populasinya mulai terancam seiring sering diburunya tanaman ini oleh para kolektor tanpa memikirkan penanamannya kembali.

Amorphophallus Titanum
Bunga ini tingginya bisa lebih dari tinggi seorang pria dewasa, dan mengeluarkan aroma busk yang menyengat pula. Dinamakan Titan Arum, di Indonesia dijuluki pula sebagai “bunga bangkai” karena baunya itu. Bunga ini merupakan fenomena langka dan berkembang biak berkat bantuan dari serangga penyerbuk yang datang kerena baunya.

Baobab
Baobab adalah nama umum dari satu genus Adansonia yang terdir dari 8 spesies pohon, aslinya dari Madagaskar. Tanaman ini juga dikenal sebagai pohon Botol, bukan hanya karena bentuknya yang memang mirip dengan botol, tapi pohon ini juga biasanya mampu menampung air sekitar 300 liter. Tidak heran umur pohon ini bisa mencapai 500 tahun.

 Dracaena Cinnabari
Dracaena Cinnabari atau Pohon Naga berasal dari kepulauan Socotra. Pohon ini juga disebut Pohon Darah Naga dan Pohon Naga Socotra. Pohon ini salah satu pohon teraneh di Socotra, dengan bentuknya seperti payung. Pertama kali diublikasikan oleh Isaac Bayley Balfour tahun1882. kalau diperhatikan, pohon ini pernah menjadi icon di Windows sebagai icon Network. Darah naga diambil dari warna getah merahnya, dan bisa dijadikan obat atau bahan pewarna celup.

Selaginella Lepidophylla
Tanaman ini disebut juga sebagai Mawar dari Jericho, Selaginella Lepidophylla merupakan spesies dari tanaman gurun karena kemampuannya bertahan hidup meski diawetkan dengan pengeringan sekalipun. Selama cuaca kering di habitat aslinya, batangnya akan mengkerut mejadi sebuah bola kecil dan terurai kembali saat diekspos ke tempat lembab. Tanaman ini aslinya tumbuh di gurun chihuahuan.

 Mimusa Púdica
Mimusa Púdica atau si putri malu, siapa yang tak tahu tanaman yang satu ini. Tanaman ini banyak ditemukan di daerah tropis dan juga Amerika Selatan dan Tengah. Tanaman ini memiliki sensor gerak jika dirangsang. Jika disentuh atau digoyangkan daun-daunnya akan mengkuncup dan akan membuka embali dalam beberapa menit.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More